Sabtu, 05 Februari 2011

ADVERB CLAUSE

ADVERB CLAUSE



A. Pendahuluan
Bila kita berbicara tentang Grammar suatu bahasa maka yang terpikir dalam benak kita adalah bagaimana menyusun kata-kata yang terdapat dalam bahasa itu menjadi satu rangkaian yang bermakna, yaitu bisa di pahami baik oleh penutur maupun yang mendengar. Oleh sebab itu belajar grammar dalam bahasa inggris adalah mempelajari bagaimana mengunakan kata tersebut dalam pola kalimat yang baku dalam bahasa inggris.
Adverb Clause adalah salah satu tata bahasa dalam bahasa inggris, yang mana sangat penting untuk menjadikan suatu kalimat yang baku dalam bahasa inggris,oleh sebab itu kami disini sebagai penyaji makalah akan mencoba membahas tentang Adverb Clause. Adapun subsub judul dari pembahasan kami terdiri dari :
1. Pengertian Adverb Clause
2. Adverb Clause of Time
3. Adverb Clause of Place
4. Adverb Clause of Manner
5. Adverb Clause of Comparison

B. Pembahasan

1. Pengertian Adverb clause
Adverb Clause adalah anak kalimat yang berfungsi menerangkan kata kerja (Verb).



Dalam buku Accurate, Brief, and Clear English grammar di jelaskan bahwa Adverb adalah kata keterangan atau kata tambahan yang di pakai untuk menerangkan kata kerja.
Adapun pembagian dari Adverb Clause ( Kind of Adverb Clause ) yaitu terdiri dari :

a. Adverb Clause of Time
Adalah anak kalimat yang menerangkan waktu dengan menggunakan conjunction ( kata penghubung ) yang terdiri dari :
 When = I come to your house when she wants to go out
( Saya dating kerumah kamu sewaktu dia akan pulang )
I can see you when I finish my work
( Saya bisa melihat kamu sewaktu saya menyelesaikan pekerjaan saya )
 Since = I live here since I enter to STAIN
( Saya tinggal disini sejak saya masuk STAIN )
The thief could not run away since the police had shot his leg.
( Pencuri itu tidak dapat melarikan diri karena polisi menembak kakinya ).
They have moved house twice since they got married on.
( Mereka telah dua kali pindah rumah sejak mereka sudah menikah )
 After = I go to school after I have my breakfast
( Saya pergi ke sekolah setelah saya menyelesaikan makan pagi saya. )

You may sit down after the song items are over
( Kamu boleh duduk sesudah lagu selesai )
 Before = They will leave before you get here
( Mereka akan pergi sebelum kamu sampai di sini )
We saw him before he left this town
( Kami melihat dia sebelum dia meninggalkan desa ini )
 Until = I will not leave this room until you tell me the truth.
( Saya tidak akan meninggalkan ruangan ini hingga kamu menceritakan yang sebenarnya )
You will not come here until I give you something
( Kamu tidak akan dating kesini hingga saya memberi kamu sesuatu )
 While = She was reading a book while the dinner was cooking.
( Dia sedang membaca buku ketika makan malam sedang dimasak )
While the baby was sleeping, the mother was preparing its food.
( ketika bayi itu tidur, ibunya menyiapkan makanannya )

b. Adverb Clause of place
Adalah menerangkan tempat dengan menggunakan conjunction yang terdiri dari :
 Where = I don’t know where my friend now
( saya tidak tau dimana teman saya sekarang )



We don’t know where her husband worked
( Kami tidak tahu dimana suaminya bekerja )
 Wherever = I always remember you wherever I stay.
( saya selalu ingat kamu dimanapun saya berada )
She always smile day wherever she stay
( Dia selalu tersenyum dimanapun dia berada )

c. Adverb Clause of Manner
Adalah menerangkan dengan cara menggunakan conjunction ( kata penghubung yang terdiri dari :
 As = Rani sings as Rosa done.
( Rani menyanyi sebagaimana yang di lakukan Rosa )
Budi frogs as frogs done
( Budi bersuara sebagaimana yang kodok bersuara )
 As if = Dani laughs as if he is a joker
( Dani tertawa seolah-olah dia pelawak )
Tini speaks as if she is a speaker
( Tini berbicara solah-olah dia pembicara )

d. Adverb Clause of Comparison
Adalah menerangkan perbandingan dengan menggunakan conjunction ( kata penghubung )yang terdiri dari :
 As, as = She works as hard as her sister works
( Dia bekerja
Buying a new sometimes as cheap as repairing the old one
( membeli sesuatu yang baru



 Than = Rudi works harder than Budi works.
( Rudi bekerja lebih rajin dari pada Budi )
She is much taller than she was before
( Dia lebih dari pada sebelumnya )
Susi more beautiful than Noni
( Susi lebih cantik dari pada Noni )

D. Penutup
Demikianlah makalah ini kami susun dan dri sini dapat di ambil kesimpulan yang terdiri dari :
• Adverb Clause adalah anak kalimat yang berfungsi menerangkan kat kerja ( Verb )
• Jenis- jenis Adverb Clause ( kind of Adverb clause ) yang ada pada pembahasan kami kali ini terdiri dari :
a. Adverb Clause of Time ( Waktu )
b. Adverb Clause of place ( Tempat )
c. Adverb Clause of Manner
d. Adverb Clause of Comparison
Semoga dengan adanya makalah ini dapat menambah pengetahuan kita semua dan dapat menjadikan kita lebimengerti tentang tata bahasa inggris khususnya mengenai Adverb Clause.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar